RSS

Pendahuluan Makalah TIK

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Era globalisasi penuh dengan perubahan-perubahan dan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Pada era ini, semua orang dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi. Gaptek adalah salah satu julukan untuk orang yang tidak dapat mengikuti perkembangan teknologi pada era globalisasi ini.
Salah satu perkembangan teknologi yang sering digunakan dan dibutuhkan semua kalangan masyarakat adalah komputer. Oleh karena itu, karya ilmiah ini bertujuan untuk mengajak selangkah lebih maju dalam mengikuti perkembangan teknologi saat ini dengan memperkenalkan dan menerangkan pengaplikasian salah satu software pada komputer, yaitu Adobe Photoshop 7.0.
Selain itu, karya ilmiah ini juaga bertujuan untuk memenuhi persyaratan ketuntasan penilaian mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi tahun pelajaran 2008/2009.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka karya ilmiah ini berjudul : “MENGEDIT FOTO SEPATU MENJADI FOTO SEPATU BERMATA MANUSIA DAN BERMULUT BUAYA MENGGUNAKAN ADOBE PHOTOSHOP 7.0”.

1.2 Rumusan Masalah
Bagaimanakah aplikasi Adobe Photoshop 7.0 yang digunakan untuk mengedit foto sepatu menjadi foto sepatu bermata manusia dan bermulut buaya ?

1.3 Tujuan Penulisan
Mengetahui cara pengeditan foto sepatu menjadi foto sepatu bermata manusia dan bermulut buaya.
Memenuhi persyaratan ketuntasan penilaian mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.

1.4 Ruang lingkup
Software yang digunakan untuk mengedit foto sepatu menjadi foto sepatu bermata manusia dan bermulut buaya adalah Adobe Photoshop 7.0. Cara yang pertama adalah menyeleksi gambar buaya menggunakan lasso tool, lalu dipindahkan ke gambar sepatu menggunakan move tool. Klik menu Edit – Transform – Flip Horizontal untuk membalik arah kepala buaya. Ukuran kepala buaya disesuaikan dengan cara klik menu Edit – Transform – Scale. Setelah itu, klik icon Add Layer mask dari palet layer dan aktifkan brush tool untuk menyembunyikan bagian kepala buaya yang tidak diperlukan. Klik thumbnail kepala buaya pada palet layer untuk menonaktifkan layer mask, tekan Ctrl+U untuk menampilkan kotak dialog Hue/Saturation. Atur Hue:0, Saturation:-80, Lightness:0, dan jangan tandai checklist colorize.
Selanjutnya, buka gambar mata, lalu seleksi gambar mata menggunakan lasso tool dan pindahkan ke gambar sepatu menggunakan move tool. Ukuran mata disesuaikan dengan cara klik menu Edit – Transform – Scale. Tekan Ctrl+U untuk menampilkan kotak dialog Hue/Saturation, lalu atur Hue:0, Saturation:-80, Lightness:0, dan jangan tandai checklist colorize. Setelah itu, klik icon Create a New Layer untuk membuat layer baru di atas layer 2. Aktifkan brush tool dan pilih warna 50% grey dari palet swatches. Gunakan brush tool untuk membuat bentuk melingkar di sekitar area mata. Lalu, ubah blending mode layer 3 menjadi color burn. Terakhir, aktifkan layer 2 dan gunakan eraser tool untuk menghapus bagian pinggiran mata yang tidak diperlukan.

1.5 Manfaat
Terpenuhinya persyaratan ketuntasan penilaian Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Dapat mengaplikasikan salah satu software komputer, yaitu Adobe Photoshop 7.0 untuk mengedit foto sepatu menjadi foto sepatu bermata manusia dan bermulut buaya.

0 komentar: